Minggu, 08 November 2009

Wirus Cooyyy

A. SEJARAH PENGERTIAN WIRUS
1. Periode awal
Sejarah kewirausahaan dimulai dari periode awal yg dimotori oleh Marcopolo. Dalam masanya terdapat dua pihak yakni pihak pasif dan aktif.
Pihak pasif = pemilik modal dan mengambil keuntungan yg sangat banyak terhadap pihak aktif.
Pihak aktif = yg menggunakan modal tsb untuk berdagang antara lain dgn mengelilingi lautan, mereka menghadapi resiko baik fisik maupun sosial akan tetapi keuntungan yg diperoleh hanya 25%.
2. Abad 17
Wirausahawan = seorang pengambil resiko dgn melihat perilaku mereka yakni membeli pada harga yg tetap namun menjual dgn harga yg tidak pasti. (Richard Cantillon )
3. Abad 20
Inovasi yg melekat pada wirausahawan di masa sekarang.
• Kewirausahaan = kemampuan dalam menciptakan sesuatu yg baru dan berbeda.(Peter F. Drucker)
• Kewirausahaan = suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menentukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha). (Zimmerer)
• Kewirausahaan = proses mengkreasikan dgn menambah nilai sesuatu yg dicapai melalui usaha keras dan waktu yg tepat dgn memperkirakan dana pendukung, fisik, dan resiko sosial, dan akan menerima reward yg berupa keuangan dan kepuasan serta kemandirian.
Entrepreneurship = jiwa kewirausahaan yg dibangun untuk menjembatani antara ilmu dgn kemampuan dasar. Entrepreneurship meliputi pembentukan perusahaan baru, aktivitas kewirausahaan, juga kemampuan manajerial yg dibutuhkan seorang entrepreneur.
Intrapreneurship = kewirausahaan yg terjadi didalam organisasi yg merupakan jembatan kesenjangan antara ilmu dgn keinginan pasar.
Entrepreneur = seseorang yg membawa SD berupa tenaga kerja, materiil, dan asset lainnya pada suatu kombinasi yg menambahkan nilai yg lebih besar daripada sebelumnya, dan juga diliekatkan pada orang yg membawa perubahan, inovasi, dan aturan baru.
Entrepreneurial = kegiatan dalam menjalankan usaha / berwirausaha.

Perbedaan inventor dgn entrepreneur :
# Inventor = seseoramg yg mengkresikan sesuatu yg baru untuk pertama kalinya, ia termotivasi dgn ide dan pekerjaannya. Pada umumnya memiliki pendidikan dan motivasi berprestasi yg tinggi dan lebih menyukai menciptakan / menemukan sesuatu..
# Entrepreneur = lebih menyukai berorganisasi daripada menemukan sesuatu, ia mengatur dan memastikan agar organisasinya berkembang dan bertahan. Pada umumnya berupaya mengimplementasikan penemuan sehingga disukai publik .

Kewirausahaan mengacu pada perilaku yg meliputi :
1. pengambilan inisiatif
2. mengorganisasi dan mengorganisasi kembali mekanisme sosial dan ekonomi untuk mengubah SD dan situasi pada perhitungan praktis
3. penerimaan terhadap resiko kegagalan

4 hal yg dimiliki oleh seorang wirausahawan :
1. proses mengkresikan sesuatu yg baru dgn menambahkan nilainya
2. komitmen yg tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yg diberikan
3. memperkirakan resiko yg mungkin timbul
4. memperoleh reward

Beberapa faktor yg menyebabkan untuk berwirausaha :
1. Mengubah gaya hidup / meninggalkan karir yg telah dirintis
2. Adanya keinginan untuk membentuk usaha baru = a. budaya ; b. dukungan pemerintah ; c. pemahaman terhadap pasar ; d. peranan dari model ; e. ketersediaan finansial

4 keuntungan berwirausaha :
1. meningkatkan harga diri
2. memperoleh penghasilan untuk diri sendiri
3. ide dan motivasi yg timbul untuk maju
4. masa depan yg lebih cerah dan tidak tergantung kepada orang lain

Jurus awa menjadi pengusaha :
1. berani memulai = tidak perlu menunggu nanti, besok / lusa
2. berani menanggung resiko = tidak perlu takut mengalami kerugian
3. setiap tindakan yg dilakukan penuh perhitungan dan pertimbangan matang = jangan bertindak gegabah dalam melangkah / mengambil keputusan
4. seorang entrepreneur harus mampu menyusun suatu rencana sekarang dan ke depan sebagai pedoman dan alat kontrol baginya.
5. tidak cepat puas dan putus asa = seorang pengusaha dituntut untuk selalu haus kemajuan dan selalu merasa kurang, kemudian pantang menyerah apalagi putus asa
6. setiap tindakan harus diiringi dgn optimis dan penuh keyakinan karena ini merupakan motivasi untuk melangkah maju
7. memiliki tanggung jawab = wirausahawan selalu bertanggung jawab terhadap aktivitas yg ia lakukan terhadap semua pihak
8. memiliki etika dan moral sebagai benteng untuk berwirausaha agar menjadi sukses

Etika wirausaha :
a. sikap dan perilaku; b. penampilan; c. cara berpakaian; d. cara berbicara; e. gerak-gerik; f. dll

Sikap dan perilaku yg harus dijalankan oleh pengusaha :
1. Jujur dalam bertindak dan bersikap
2. Rajin, tepat waktu dan tidak pemalas
3. Selalu murah senyum
4. Lemah lembut dan ramah tamah
5. Sopan santun dan hormat
6. Selalu ceria dan pandai bergaul
7. Fleksibel dan memiliki rasa tanggung jawab
8. Serius dan suka menolong pelanggan
9. Rasa memiliki perusahaan yg tinggi

Ciri wirausahawan yg berhasil :
1. Memiliki visi dan tujuan yg jelas
2. Inisiatif dan selalu proaktif
3. Berorientasi pada prestasi
4. Berani mengambil resiko (uang dan waktu)
5. Kerja keras
6. Bertanggung jawab
7. Komitmen pada berbagai pihak
8. Mengembangkan dan memelihara hub. baik dgn berbagai pihak

5 sebab / cara mulai merintis usaha :
1. faktor keluarga pengusaha; 2. sengaja terjun; 3. iseng; 4. coba”; 5. terpaksa

Langkah” memulai berwirausaha :
1. Mengenali peluang usaha : sunber peluang usaha diantaranya perubahan iptek, perubahan kebijakan politik, perubahan sosia demografi
2. Optimalisasi potensi diri : pentingnya mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang dimiliki sebagai aspek pengetahuan , motivasi, psikologis.
3. Fokus dalam bidang usaha
4. Berani memulai : dunia kewirausahaan adalah dunia ketidakpastian sementara informasi yang dimiliki oleh yang akan memulai usaha sedikit.

Cara memulai usaha yg lazim :
1. Memulai usaha dgn mendirikan perusahaan yg baru
2. Membeli perusahaan yg sudah ada / sudah berjalan sebelumnya
3. Kerjasama manajemen dgn sistem waralaba (franchising)
4. Mengembangkan usaha yg sudah ada

B. LANGKAH AWAL BERWIRAUSAHA
Neraca Pribadi
Tujuan 1.memahami pentingnya penyusunan suatu profile asset dan utang miik pribadi dan keluarga. 2 memperkirakan jumlah dana yang dapat di investasikan dalam usaha yang potensial. 3. memutuskan berpa besarnya jumlah dana yang akan ditanamkan dalam rencana usaha.
Kegunaan neraca pribadi adalah pengambilan resiko identifikasi kekuatan dan kelemahan pribadi dan uraian posisi keuangan.
Penyaringan Mikro
1. Lakukan penyaringan dari 10 produk menjadi 3 produk yg di anggap menguntungkan.
2. Penyaringan dilakukan dgn sistem penilaian rangking 1-5 berdasarkan pasar, tenaga kerja, teknologi, bahan baku, modal dan kebijakan pemerintah.
3. Produk yg memiliki ranking tertinggi akan dipilih untuk dijadikan rencana usaha.

Menyusun Rencana Bisnis
Rencana bisnis = suatu dokumen yang dirancang untuk merencanakan jalannya perusahaan dalam periode tertentu.
Rencana usaha memiliki 3 fungsi a. menetapkan proyek masa depan.. b. menetepkan sberapa baik sasaran yang dipenuhi,, c. mendapatkan uang.
Format rencana usaha merupakan struktur dmn pengusaha menetapkan aktivitas perusahaan.

Gambaran Umum Perusahaan.
1. isi rencana usaha dimulai dengan gambaran umum perusahaan,, 2. gambaran umum menampilkan aktivitas pokok dan sifat dasar perusahaan,, 3. mencakup visi,sasaran dan tujuan perusahaan..4. informasi lain2.

Contoh Gambaran Umum Perusahaan:
Dasar gagasan usaha : 1. prospek dasar 2. manfaat ekonomi 3. manfaat sosial.
Gambaran umum perusahaan : 1. visi 2. misi 3. sasaran 4. tujuan
Daftar riwayat hidup : 1. nama 2. TTL 3. agama 4. alamat 5. pendidikan terakhir 6. pelatiha yg diikuti 7. pengalaman 8. keterampilan 9. bakat/hobi 10. kegiatan sosial.

Dokumen Untuk Memulai Usaha
a. tanda daftar peruashaan (TDP); b. NPWP; c.bukti diri.

Dokumen Izin Usaha
a. surat izin usaha perdagangan (SIUP), b. (SIUI) c. (izin domisili) d. izin gangguan diperoleh melalui kelurahan setempat. e. izin mendirikan bangunan. f. izin dari departemen teknis sesuai dengan bidang usaha.

Proses Mendirikan Usaha
a.mengadakan rapat umum. b. dibuatkan akte notaris . c. di daftarkan ke pengadilan negeri . d. diberitakan daam lembaran negara.

Melakukan Analisis SWOT.
SWOT = analisis kekuatan , kelemahan, peluang, dan ancaman.
Tujuan SWOT = a.untuk menilai suatu proyek produk dalam kaitannya dengan kekuatannya dll. b.untuk latihan menggunakan SWOT dalam mengidentifikasi produk c. untuk memproleh bebrepa informasi sebelum membuat keputusan akhir d. untuk menilai diri pribadi dalam mengindentifikasi proyek individual

Langkah Analisis SWOT
a. jelaskan maksud dari SWOT dengan membaginya dalam 4 kota 4 persegi. b. siapkan format SWOT pada flichart kemudian isi kolom demi kolom. c. setiap organisasi berdikusi dan memberikan kontribusi dalam mengisi kolom per kolom.

Komponen Analisis SWOT
Kekuatan
Faktor kekuatan yang berada dibawah pengndalian wirausaha dan terjadi saat ini. Misal. harga bahan baku murah, memiliki keterampilan, harga produk bersaing, produk penemuan baru, kemasan yang baik.
Kelemahan
Faktor kelemahan yg berada dibawah pengendalian wirausaha dan terjadi saaat ini. Misal tidak ada pengawasan persediaan, pengawasan manajemen kurang baik, pengeolaan modal kerja kurang baik, kurang usaha promosi, dll.
Peluang
Faktor positif yg potensial yang berada di luar pengendalian wirausaha. Misal pengiriman staff untuk di training, produk sedang di kembangkan, kenaikan permintaan atas produk sejenis, kenaikan keuntungan, tidak ada produk sejenis di pasar, kapasitas produk meningkat tahun mendatang, kebijakan pemerintah yg menguntungkan, dll
Ancaman
Faktor yg berada diluar pengendalian wirausaha namun mempengaruhi terhadap kegagalan usaha dimasa mendatang. Misal biaya yang meningkat , kebijakan pemerintah yang kurang menguntungkan, kekurangan bahan baku, pesaing banyak, tenaga terampil yang pindah, dll.

Kerangka Analisis SWOT
Menganalisa aspek :
-organisasi & manajemen
-pemasaran
-teknis
-keuangan Menganalisa aspek :
-organisasi & manajemen
-pemasaran
-teknis
-keuangan
Menganalisa aspek :
-ekonomi
-politik
-sosbud
-teknologi
-demograpi Menganalisa aspek :
-ekonomi
-politik
-sosbud
-teknologi
-demograpi
Ket : kekuatan dan kelemahan adalah faktor intern yg dapat dikendalikan
peluang ancaman adalah faktor ekstern yg tidak dapat dikendalikan

C. RENCANA PEMASARAN
Pemasaran merupakan salah satu bagian terpenting dalam rencana usaha karena menyampaikan langsung sifat dasar usaha yang diharapkan dan cara dilakukan agar usaha dapat sukses.
Secara spesifik kegunaan bagian pemasaran adaah menjelaskan bagaimana usaha yang prospektif bakal menggerakan dalam bereaksi thd kondisi pasar untuk menghasilkan penjualan
Mengarahkan perhatian pada produk dan jasa perusahaan terebih dahulu.
Karakteristik dan daya tarik produk dan jasa harus disampaikan dengan jelas dan sederhana.

Definisi Pasar dan Peluang
a. bagian pemasaran dalam rencana usaha harus menentukan permintaan produk dan jasa termasuk juga potensi usaha.
b. bagian ini sering kali dimulai dengan pembahasan pasar yang akan dilayani dengan menampilkan latar belakang industri, sumber permintaan, serta memenuhi permintaan.

Strategi Pemasaran
a. strategi pemasaran yang menjelaskan bagaimana usaha akan mengelola dan mengimplementasikan pemasaran untuk mencapai kinerja penjualan yang harus ditampilkan
b. elemen seperti distribusi , penerapan harga, periklanan, promosi, anaisis tempat, dan anggaran yang terkait, semua nya perlu dibahas tergantung pada seberapa penting semua itu bagi keseluruhan strategi pemasaran perusahaan.

Persaingan dan Pengaruh Lain.
a. kinerja usaha akan dipengaruhi oleh faktor eksternal dimana usahanya sedikit,' b. paling utama adalah persaingan. c. mengidentifikasi usaha , produk, atau jasa yang spesifik.

Strategi produk : perusahaan perlu mengidentifikasi bagaimana merek, mutu, ukuran, desain, kemasan dll. Dari produk yang akan ditawarkan.
Merk (brands) = nama , istilah, tanda , simbol, rancangan , atau kombinasi dari hal” tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari seorang atau sekelompok, penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing.
Pengemasan (packaging) = semua kegiatan yg merancang dan memproduksi wadah atau pembungkus suatu produk.
Pelabelan (labelling) = tempelan sederhana pada produk atau gambar yg dirancang dgn rumit yg merupakan suatu kesatuan dgn kemasan.

3 Strategi Mengenai Jumlah Perantara
1. intensive distribution = banyak pedagang besar dan pengecer, pasaran hanya untuk produk yg dibutuhkan, tanggung jawab advertising ada pada produsen, sedikit control baik harga maupun promosi.
2. selective distribution = beberapa pedagang besar dan pengecer, daerah geografis bagi pedagang besar dan pengecer dibatasi.
3. ekslusive distribution = hanya 1 retailer pada tempat tertentu, produsen melaksanakan control terhadap harga dan promosi.

Bauran Promosi
Periklanan = bentuk penampilan non personal yg dibayar untuk mempresentasikan dan mempromosikan barang dan jasa oleh sponsor yg dikenal.
Personal Selling = suatu interaksi antara sales people atau wiraniaga dgn pembeli prospektif dalam memperkenalkan barang atau jasa.
Sales Promotion = suatu aktivitas yg ditujukan untuk meningkatkan penjualan.
Direct Marketing = suatu sistem interaktif dari pemasaran yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk mempengaruhi respon terukur transaksi pada berbagai lokasi
Public Relation = kiat pemasaran penting lainnya . Perusahaan tidak hanya harus berhubungan secara konstruktif dengan pelanggan pemasok dan penyalur.
kegiatan Public Relation
a. hubungan pers. b.publikasi produk c. komunikiasi perusahaan d. lobi. e. pemberian nasehat.
.
D. LOKASI DAN LAYOUT.
Lokasi = tempat untuk menjalankan kegiatan usaha sebagai tempat perencanaan pengambian keputusan pengendalian proses produksi penjualan, sebagai tempat penyimpanan.

keuntungan yang diperoleh dengan mendapatkan lokasi yang tepat antara lain :
1. pelayanan yang diberikan pada konsumen
2. kemudahan dalam memperoleh tenaga kerja
3. kemudahan dalam memperoleh bahan baku
4. kemudahan dalam memperluas lokasi usaha
5. memiliki nilai atau harga ekonomi
6. meminimalkan terjadi nya konflik

jenis” lokasi :
a. lokasi untuk kantor pusat
b. lokasi untuk pabrik
c.lokasi untuk gudang
d.lokasi untuk kantor cabang

penentuan lokasi :
a. jenis usaha yang dijalankan
b. dekat konsumen atau pasar
c.ketersediaan tenaga kerja'
d.,sarana dan prasarana
e. dekat dengan pusat pemerintahan
f.dekat lembaga keuangan
g. berada dikawaasn industri
h. hukum yang berlaku

Layout = proses penentuan bentuk dan penempatan fasilitas yang dapat menentukan efisiensi produksi atau operasi , perncanaan layout berkenaan dengan produk proses, sdm, dan lokasi

untuk memperoleh layout yang baik :
1kapasitas dan tempat yang dibutuhkan
2. peralatan untuk menangani masalah material dan bahan.
3. lingkungan dan estetika keputusan layout harus didasarkan pada lingkungan dan estetika, tujuan nya agar ada keleluasaan dan kenyamanan tempat kerja
4. arus informasi perimbangan terhadap cara untuk memindahkan informasi.
5. biaya pemindahan antar tempt kerja yang berbeda.

tujuan dalam penentuan lokasi dan layout
a. agar perusahaan dapat menentukan lokasi yang tepat , baik untuk lokasi pabrik gudang, cabang , pusat.
b.agar perusahaan dapat menentikan layout yang sesuai.
c.agar perushaan dapat ,menentukian teknolgi yang akan dipakai.
d. agar perusahaan dapat menentukan metode persediaan yang paling baik.
e. agar dapat menentukan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan sekarang dan dimasa yang akan datang

E. ASPEK PENGELOLAAN SDM
Manajemen SDM = konsep yg bertalian dgn kebijakan, prosedur, dan praktik bagaimana mengatur dan mengelola orang daam perusahaan untuk mencapai tujuan yg telah ditetapkan.
Manajemen SDM = pendayagunaan SDM untuk mencapai tujuan” organisasi (Mondy dan Noe 1990)

fungsi” manajemen SDM
Analisa jabatan = proses untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yg berhubungan dgn suatu jabatan. Untuk itu, perlu diketahui pekerjaan apa saja yg dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan mengapa pekerjaan itu harus dilakukan serta persyaratan untuk menduduki suatu jabatan.
Analisa jabatan = suatu proses yg sistematis untuk mengumpulkan, menganalisa data dan informasi suatu jabatan.
Perencanaan SDM = kegiatan merencanakan jumlah tenaga kerja yg dibutuhkan sesuai dgn analisa jabatan yg sudah dibuat.
Perencanaan tenaga kerja meliputi jumlah tenaga kerja yg dibutuhkan serta persyaratan yg diinginkan, hal ini agar perusahaan tidak mengalami kekurangan atau kelebihan karyawan.
Pengadaan Tenaga Kerja = upaya untuk memperoleh jumlah dan jenis tenaga kerja yg tepat untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam upaya mencapai tujuan yg telah ditentukan.
Pengadaan tenaga kerja meliputi kegiatan penarikan dan seleksi tenaga kerja.
- Penarikan tenaga kerja = upaya mencari calon karyawan yg memenuhi syarat” tertentu sehingga di perusahaan dapat memilih orang” yg paling tepat untuk mengisi lowongan yg ada.
- Proses recruitment = perencanaan SDM – aternatif – terhadap recruitment – recruitment- sumber internal / eksternal – metode internal / eksternal – pelamar.
Seleksi = proses identifikasi dan pemilihan orang” dari sekelompok pelamar yg paling cocok atau yg paling memenuhi syarat untuk jabatan atau posisi tertentu.
Proses seleksi ada 2 sistem yaitu sistem gugur dan sistem kompensasi.
Pengembangan SDM merupakan upaya manajemen yg terencana dan dilakukan secara kesinambungan untuk meningkatkan kompensasi pekerja dan unjuk kerja organisasi melalui program pelatihan, pendidikan dan pengembangan.
- Pelatihan meliputi aktivitas” yg berfungsi meningkatkan unjuk kerja seseorang dalam pekerjaan yg sedang dijalani atau yg terkait dgn pekerjaan ini.
- Pendidikan mencakup kegiatan” yg diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi menyeluruh seseorang dalam arah tertentu dan berada di luar lingkup pekerjaan yg ditanganinya saat ini.
- Pengembangan meiputi pemberian kesempatan belajar yg bertujuan untuk pengembangan individu, tetapi tidak dibatasi pada pekerjaan tertentu pada saat ini atau masa yg akan datang.
- Pendidikan dan pelatihan diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan sehingga mampu memenuhi tuntutan organisasi dalam menghadapi persaingan dan perubahan.
- Pendidikan dan pelatihan dapat dilakukan dalam perusahaan atau di luar perusahaaan sesuai dgn pertimbangan kebutuhan dan kemampuan keuangan perusahaan.
Kompensasi = setiap bentuk imbalan yg diterima oleh seseorang sebagai balasan atas kontribusinya terhadap organisasi.
- Tujuan kompensasi = a. mendapatkan karyawan yg berkualitas; b. mempertahankan karyawan yg sudah ada; c. menjamin terciptanya keadilan; d. memberi penghargaan atas perilaku yg diharapkan; e. mengendalikan biaya; f. mengikuti peraturan atau hukum yg berlaku; g. menumbuhkan saling pengertian; h. membantu menciptakan efisiensi adm.
- Klasifikasi kompensasi = 1. langsung = gaji dan upah pokok, insentif dan bagi hasil; 2. tidak langsung = berbetuk program kesejahteraan dan pelayanan.
Perencanaan karir = perjalanan kerja seseorang selama berada di perusahaan sejak dimulai bekerja sampai berhenti bekerja berdasarkan evaluasi kinerja atau penilaian prestasi kerja terhadap seleruh karyawan.
Kebijakan kesejahteraan = perusahaan perlu memikirkan keselamatan dan kesehatan kerja menunjuk pada kondisi fisik (penyakit dan kecelakaan kerja) dan mental karyawan akibat lingkungan kerja (penyakit akibat stress dan kehidupan kerja yg berkualitas rendah).
PHK = kebijakan perusahaan untuk memberhentikan seorang karyawan yg di sebabkan : 1. memasuki masa pensiun; 2. permintaan pengunduran diri; 3. pemecatan kerja karena kesalahan; 4. pensiun dini; 5. meninggal dunia; 6. permintaan sendiri.

G. MENILAI KEBUTUHAN USAHA
Kebutuhan usaha = hal” yg harus dipenuhi perusahaan untuk mendirikan dan menjalankan suatu usaha pada awal perusahaan didirikan.
Kebutuhan usaha yg dibutuhkan terdiri dari beragam jenis, tergantung dari bidang usaha masing” perusahaan dgn penilaian secara benar dan akurat agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan pada saat usaha hendak dijalankan

Modal usaha = sesuatu yg diperlukan untuk membiayai operasi perusahaan mulai dari berdiri sampai beroperasi (uang = membiayai segala keperluan dan tenaga/keahlian = mengelola atau menjalankan usaha)
1. Modal investasi = digunakan untuk jangka panjang dan berulang”, pada umumnya lebih dari 1 tahun.
2. Modal kerja = digunakan untuk operasional perusahaan pada saat perusahaan sedang beroperasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar